Berita

Tim Kalibrasi Lakukan Pengukuran Arah Kiblat Pembangunan Mushola MTs Alkhairaat Biontong

Senin, 30 September 2024 14:16 WIB
  • Share this on:

Bolangitang Timur (Info Kemenag) - Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan kegiatan kalibrasi arah kiblat pembangunan mushola MTs Alkhairaat Biontong, Kecamatan Bolangitang Timur, Senin (30/9/24).

Tim Kalibrasi dipimpin langsung oleh ketua, H. Abdullah Diu sekaligus Kepala Seksi Bimas Islam, melakukan proses pengukuran dengan menggunakan Mizwala Qiblah Finder. Alat tersebut berbentuk bulat yang di atas papannya dipasangi tongkat istiwa untuk memproyeksikan bayangan matahari lalu menentukan arah kiblat.

Kalibrasi arah kiblat ini begitu penting dilakukan untuk memastikan arah kiblat yang tepat sesuai dengan ketentuan syariat Islam, mengingat arah kiblat merupakan elemen penting dalam pelaksanaan ibadah shalat.

Abdullah mengatakan, kegiatan kalibrasi ini dilakukan untuk menjamin ketepatan arah kiblat, terutama bagi bangunan masjid dan mushola yang sudah lama berdiri atau mengalami renovasi. Kalibrasi arah kiblat sangat penting agar jamaah dapat melaksanakan ibadah shalat dengan benar.

“Kami berupaya memastikan setiap tempat ibadah di wilayah ini memiliki arah kiblat yang sesuai,” ujarnya.

Menurutnya, kalibrasi arah kiblat tidak hanya dilakukan berdasarkan permintaan dari panitia pembangunan atau pemerintah setempat, tetapi juga sebagai bagian dari program rutin pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk menjaga keakuratan tempat ibadah.

Kegiatan kalibrasi arah kiblat ini dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan mushola, yang dihadiri oleh Camat Bolangitang Timur, Yahya Botitihe, Kepala Desa Lipubogu, Biontong, dan Biontong 1, serta civitas madrasah. 

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Indah Isma

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -