Berita

Tim Hisab Rukyat Kemenag Bolmut Lakukan Pengukuran Arah Kiblat Mushola MTs Alkhairaat Sangkub

Rabu, 7 Pebruari 2024 15:16 WIB
  • Share this on:

Sangkub  - Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Seksi Bimas Islam melakukan pengukuran arah kiblat pembangunan Musholah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Akhairaat Sangkub 1 Kecamatan Sangkub, Rabu (7/2/24).

Tim hisab rukyat dipimpin langsung oleh ketua, H. Abdullah Diu melakukan pengukuran arah kiblat pada pukul 10.00 Wita. Proses pengukuran berjalan lancar tanpa hambatan didukung dengan cuaca cerah yang memungkinkan penentuan arah kiblat maksimal.

"Alhamdulillah cuacanya terang sehingga tidak ada hambatan dalam pengukuran arah kiblatnya", ujar Abdullah.

Pengukuran arah kiblat ini dimaksudkan untuk menentukan posisi dalam Sholat mengarah kiblat, yakni arah Ka`bah di Makah. Arah ka`bah ini ditentukan dari setiap titik atau tempat di permukaan Bumi dengan melakukan perhitungan dan pengukuran.

Oleh sebab itu, perhitungan arah kiblat pada dasarnya adalah perhitungan yang dimaksudkan untuk mengetahui ke arah mana ka`bah di Makah itu dilihat dari suatu tempat di permukaan Bumi ini, sehingga semua gerakan orang yang sedang melaksanakan shalat, baik ketika berdiri, ruku`, maupun sujudnya selalu berimpit dengan arah yang menuju ka`bah.

Hasil perhitungan dan pengukuran, arah kiblat pada musholla ini berada pada titik koordinat 0º 52ʹ 41ʺ LU  123º 38ʹ 52ʺ BT.

Pelaksanaan pengukuran ini disaksikan oleh Kepala Desa Sangkub I, Kepala Madrasah beserta para guru, Imam Masjid Besar Kecamatan Sangkub,  aparat desa setempat, serta Penyuluh Agama Islam di wilayah kerja kecamatan Sangkub. (Val)

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Indah Isma

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -