Berita

Sukses Gelar Sidang Itsbat Nikah Di Pinogaluman, Kasie Bimas Apresiasi Peran KUA

Kamis, 30 November 2023 13:09 WIB
  • Share this on:

Bolmut – Hari kedua pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah digelar oleh Pengadilan Agama Boroko, bertempat di Desa Duini, Kecamatan Pinogaluman, Rabu (29/11/23). Turut hadir, Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), H. Abdullah Diu dan Pemerintah Daerah yang diwakili staff ahli Bupati, Santoro.

Abdullah mengatakan, sebanyak 20 pasangan berperkara diajukan pada sidang ini, namun tidak semua  dikabulkan oleh hakim disebabkan kendala beberapa persyaratan yang tidak dapat dipenuhi oleh pemohon.

“permohonan yang diajukan tidak semua dikabulkan oleh hakim, karena adanya persyaratan yang tidak dipenuhi”, ungkapnya.

Hasil daripada sidang itsbat yang dilakukan seharian ini langsung diserahkan kepada pasangan suami istri yang terkabulkan permohonannya, berupa hasil sidang perkara, buku nikah dan kartu keluarga yang baru.

“Alhamdulillah buku nikah kami yang serahkan langsung, Kartu Keluarga diserahkan oleh Staf Ahli Bupati, dan hasil sidang perkara diserahkan langsung oleh ketua PA Boroko”, sambungnya Kasie mewakili Kepala Kantor Kemenag.

Melalui momen ini, Abdullah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pinogaluman, Taufik Kaili beserta perangkatnya termasuk penyuluh agama yang telah mensukseskan kegiatan ini, mulai dari pendataan, sosialisasi hingga akhirnya perkara yang ditemukan selesai dimeja sidang.

“upaya ini atas kerja keras KUA Pinogaluman yang terus berkoordinasi dengan instansi terkait”, ungkapnya.

Kasie Bimas Islam menghimbau kepala KUA di semua kecamatan untuk melakukan hal yang sama, melakukan gerakan bersama penyuluh mensosialisasikan program kerjasama ini, sekaligus mendata pasangan suami istri yang tidak memiliki dokumen pernikahan yang sah, namun masih bisa diajukan permohonan sidang itsbat sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. (Val) 

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -