Berita

Presensi Pusaka Sering Error, Pegawai Wajib Isi Kehadiran Dengan Surat Pemberitahuan Absen Error

Selasa, 6 Pebruari 2024 21:12 WIB
  • Share this on:

Bolmut - Pusaka adalah aplikasi SuperApp Kementerian Agama untuk mempermudah pelayanan. Salah satu pelayanan internal pada Pusaka SuperApp adalah Presensi Online.

Namun, saat ini masih juga sering terjadi error pada aplikasi Pusaka karena masifnya penggunaan aplikasi presensi online Pusaka ini. Sementara itu seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kementerian Agama diwajibkan menggunakan aplikasi ini sebagai bukti kehadiran. 

Banyaknya pengguna tersebut merupakan salah satu kendala kelancaran presensi Pusaka. Beberapa permasalahan umum lainnya yang menyebabkan pegawai mengalami kendala dalam melakukan Absen dengan Pusaka SuperApp antara lain:

1. Masalah jaringan: Ketika koneksi internet tidak stabil atau terputus, aplikasi Pusaka dapat mengalami error atau kesalahan saat memproses data.

2. Kesalahan pada kode: Kesalahan atau bug pada kode aplikasi dapat menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan semestinya atau bahkan crash. Hal ini karena Pusaka masih dalam pengembangan, sehingga developer masih terus mengembangkan aplikasi dan memungkinkan bug-bug masih sering terjadi.

3. Keterbatasan kapasitas: Aplikasi online seperti Pusaka dapat mengalami error ketika server tidak mampu menangani jumlah pengguna yang terlalu besar atau saat terjadi overload pada sistem.

4. Kegagalan akses database: Aplikasi online dapat mengalami error ketika terjadi kegagalan akses ke database atau kesalahan dalam pengolahan data pada database. Database yang terus dikembangkan oleh Pusaka SuperApp masih sering terjadi, sehingga masih memungkinkan juga error karena pengelolaan database.

5. Kesalahan pada konfigurasi server: Kesalahan dalam konfigurasi server dapat menyebabkan aplikasi online tidak dapat berjalan dengan baik.

6. Serangan keamanan: Serangan keamanan seperti hacking, malware, atau virus dapat menyebabkan error pada aplikasi online atau bahkan merusak data. Apalagi situs pemerintah memang menjadi incaran empuk para peretas, baik pemula maupun peretas yang sudah pro.

Untuk mengantisipasi kegagalan perekaman kehadiran pegawai pada aplikasi Pusaka ini, maka langkah yang perlu dilakukan adalah melaporkan bila aplikasi Pusaka SuperApp error tidak dapat digunakan untuk presensi online. Baik gagal melakukan presensi oline karena aplikasinya error maupun bila sedang mengalami kesulitan presensi seperti karena listrik padam, atau kejadian lain yang menyebabkan tidak dapat presensi.

Langkah-langkah pembuatan laporan disampaikan oleh Subbag Tata Usaha melalui surat pemberitahuan yang dilayangkan kepada ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Senin, (5/2/24) melalui WhatsaApp Grup (WAG).

Laporan presensi error ini dibuat dalam surat pemberitahuan dengan melampirkan bukti screenshoot (tangkapan layar) saat layar menunjukkan sistem error, ditambah dengan bukti dukung berupa foto selfie yang memuat keterangan waktu (hari dan tanggal), serta lokasi pegawai yang tertera dalam gambar foto. 

Surat pemberitahuan ini selanjutnya diupload kedalam situs khusus dengan alamat https://presensi.kemenag.go.id, menggunakan NIP sebagai username, dan password yang sama dengan login simpeg5. (Val)
 

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -