Berita

PPPH Diberi Penguatan Dalam Kegiatan Sertifikasi Halal

Jumat, 6 Oktober 2023 05:48 WIB
  • Share this on:

Boroko - Usai penyerahan sertifikat halal, para Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) ini melakukan breafing yang dipimpin oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Abdullah Diu di ruangan Bimas Islam, Kamis (5/10/23).

Dalam pertemuan ini, Abdullah melakukan pembinaan dan evaluasi terkait dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan pada proses sertifikasi halal. Dirinya menekankan beberapa point yang menjadi panduan dalam melaksanakan kegiatan tersebut kedepan, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pensertifikatan produk halal di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Pertama, bahwa untuk penginputan sertifikat halal tidak cukup hanya dengan menerima informasi dari beberapa sumber, tanpa dilkukan verifikasi dan peninjauan langsung kepada pelaku usaha yang bermohon.

"harus dilakukan verifikasi dan melihat secra langsung kondisi pemohon bahwa benar-benar memenuhi syarat" jelasnya.

Penguatan ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa penerbitan sertifikat halal ini sudah terkualifikasi dan memenuhi syarat untuk diterbitkan sertifikat halal.

Kedua, setiap pelaku usaha yang telah diterbitkan sertifikat halal, menjadi tanggungjawab pendampingnya untuk melakukan pengawasan, monitoring, sekligus pembinaan secara berkala.

Jika kemudian hari ditemukan hal janggal yang tidak sesuai dengan komitmen awal antara pelaku usaha dan pendamping, maka PPPH berhak memberikan catatan dan pembinaan lebih lanjut.

"Kalau ditemukan masalah pada pelaku usaha dan tidak ada upaya perbaikan dari yang bersangkutan, maka sertifikatny bisa ditarik", pungkasnya.

Ketiga, diakui bahwa Kabupten Bolmut hingga saat ini masih terdepan dalam record penerbitan sertifikat halal. Namun hal itu tidak boleh membuat terlena, upaya pendampingan ini harus terus dilakukan denga target semua pelaku usaha harus mengantongi sertifikat halal, sampai batas waktu yang ditentukan oleh undang-undang.

Tiga point ini menjadi dorongan bagi seksi Bimas Islam untuk terus melakukan pembinaan dan koordinasi, baik secara face to face melalui rapat koordinasi, juga pemantauan lewat grup WhatsApp tim PPPH, agar kegiatan sertifikasi halal ini berjalan lancar dan terkontrol. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -