Berita

Penyuluh Agama Kristen Sosialisasikan Dampak Pernikahan Dini Bagi Siswa

Kamis, 25 Juli 2024 16:23 WIB
  • Share this on:

Bolmut (Kemenag) - Penyelenggara Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi bertajuk “Memahami Dampak dan Tantangan Pernikahan Dini” di SMK Negeri 1 Sangkub, Rabu (24/7/24). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Penyelenggara, Soesy E. Denny bersama para Penyuluh Agama Kristen.

Soesy menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan ini adalah bagian dari program Penyelanggara Kristen, dengan tujuan meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya pernikahan dini. Ia menilai tingkatkan kasus pernikahan dibawah umur disebabkan kurang pengetahuan para remaja akan dampak baik dan buruknya. Olehnya dengan sosialisasi ini diharapkan dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada siswa akan dampak negatif dari pernikahan dini.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Sekolah, Sawal Tombinawa. Ia menyatakan apresiasinya atas inisiatif ini. Dia mengungkapkan pentingnya edukasi semacam ini bagi para siswa, karena dapat membantu mereka memahami risiko pernikahan dini dan mendorong mereka untuk fokus pada pendidikan serta pengembangan diri.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membuka wawasan para siswa mengenai pentingnya merencanakan masa depan dengan bijak. Kami berharap acara seperti ini bisa terus berlanjut untuk memberikan panduan yang benar kepada anak-anak kita," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, salah satu Penyuluh, Johar Putra, bertindak sebagai pemateri dengan memaparkan tentang berbagai dampak negatif dan tantangan yang dihadapi oleh pasangan yang menikah dini. Termasuk ketentuan hukum yang mengatur pernikahan di Indonesia.

Dalam paparannya, Johar menekankan pentingnya memahami konsekuensi jangka panjang dari pernikahan dini, termasuk dampak pada kesehatan fisik dan mental, stabilitas ekonomi, serta peluang pendidikan yang terlewatkan. ‘

Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan para siswa mengenai pentingnya merencanakan masa depan mereka dengan matang. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang dampak pernikahan dini, para siswa dapat membuat keputusan yang lebih bijak terkait masa depan mereka. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Johar Putra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -