Berita

Pengelola Keuangan Ikuti Penyusunan Laporan Keuangan Di Manado

Kamis, 27 Juli 2023 20:25 WIB
  • Share this on:

Boroko - Bertempat di Roger'z Hotel Manado, Pengelola Keuangan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), diantaranya Jur Zumriyah Laweto bersama Yervina Anau mengikuti kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2023 pada Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang digelar sejak 26 sampai dengan 27 Juli 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulut, Basri Saenong dihadiri tim pengelola keuangan Satker Kemenag Kabupaten/Kota, termasuk Madrasah Negeri, Balai Diklat Keagamaan, IAIN dan IAKN.

Laporan Keuangan adalah bentuk pertanggung jawaban pelaksanaan APBN yang disusun oleh pemerintah berdasarkan standar akuntansi pemerintahan, disusun berdasarkan data aplikasi SAKTi dan Aplikasi MonSAKTI untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.

Menurut Kabag TU, laporan yang dimaksud adalah : Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca dan CALK (Catatan atas Laporan Keuangan).

"Sesuai PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No 232 tahun 2022, Laporan Keuangan setiap Satker khususnya semester I disampaikan ke KPPN adalah paling lamabat tanggal 31 Juli, jangan sampai terlambat", ujar Mantan Kakan Kemenag Bolmut ini.

Bagi Kabag Basri, Penyusun laporan keuangan adalah yang bertugas menjaga hajat hidup orang banyak, untuk itu polarisasi kinerja harus cepat.

Kabag berharap agar seluruh peserta yang memiliki tugas dan tanggung jawab penting di satker masing-masing, agar menyiapkan startegi mitigasi, dimana penganggaran harus menyesuaikan dengan Perjanjian Kinerja pimpinan. 

"Kita berkerja harus punya target dengan kalender kinerja, agar semua tertata dengan baik, kerja perhari, perminggu atau perbulan bisa menghasilkan outpun yang baik, agar pengabdian kepada institusi yang kita cintai yaitu Kementerian Agama bisa membawa hasil terbaik untuk masyarakat", pungkas Kabag. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -