Berita

Pengawas Pembina Lakukan Pendampingan Perangkat Pembelajaran Dan Pembinaan Di MTs N 2 Bolmut

Selasa, 20 Agustus 2024 14:54 WIB
  • Share this on:

Bolmut (Madrasah) - Pengawas Pembina, Itin Kohongia melakukan pembinaan dan pendampingan perangkat  Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Utara, Selasa (20/08/24).

Ia mengatakan, agar guru melaksanakan tugas diniatkan untuk ibadah. Sehingga apa yang dikerjakan mendapat nilai disisi Allah SWT. Disamping guru memiliki prosedur dalam mengajar yang dituangkan dalam perangkat administrasi guru, semuanya bermuara kepada hasil, yaitu adanya kompetensi, life skill (kecakapan hidup), dan karakter siswa, terang Itin Kohongia.

“Pengembangan sebuah madrasah dapat dipengaruhi oleh beberapa unsur yang meliputi kemampuan kepala madrasah, profesionalisme guru, kurikulum yang digunakan dan sarana prasarana yang menunjang”, Papar Itin.

Apalagi di tahun pelajaran 2024/2025 ini lanjutnya, madrasah sudah melaksanakan kurikulum merdeka. Perubahan kurikulum bukan karena adanya pergantian menteri, kata Itin. Akan tetapi perubahan itu lebih kepada adanya tuntutan jaman dan kebutuhan masyarakat yang selalu berubah.

“Sehingga kurikulum merdeka dirasakan sangat tepat digunakan untuk saat ini”, ujarnya.

Sebelum menggunakan kurikulum ini, madrasah terlebih dahulu menyusun kurikulum operasional yang akan digunakan dengan memperhatikan karakteristik madrasahnya. Menyesuaikan visi, misi dan tujuan madrasah, pengorganisasian pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran, merancang evaluasi dan pengembangan profesional, papar Itin.

Ia berharap agar MTs Negeri 2 Bolmut  dapat melaksanakan kurikulum merdeka dengan baik di tahun pelajaran baru nanti dengan tetap saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kawan-kawan dan  pengawas madrasah.

Sementara, Kepala Madrasah, Kalsum Maloho mengatakan bahwa pembinaan oleh pimpinan dalam sebuah lembaga adalah sebuah keharusan. Tujuannya agar guru dapat termotivasi dan bersemangat dalam bekerja.

“Di samping itu tentunya dalam pembinaan ada informasi terbaru yang mungkin tidak kita ketahui” ungkap Kalsum.

“Dengan pembinaan guru dapat memperbarui pengetahuan dan wawasan guna menunjang kinerjanya yang bermuara kepada hasil yang maksimal”, tutupnya.

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Selfi Alpigi

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -