Berita

Pemda Jadi Bagian Penting Dalam Suksesnya Rancangan Aksi Perubahan PKN Kakanwil

Selasa, 22 Agustus 2023 12:57 WIB
  • Share this on:

Boroko – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Idrus Sante mendatangani ruang kerja Bupati Bolmut, Selasa (22/8/23).

Kedatangan itu dimaksudkan untuk melakukan audiensi bersama Bupati Bolmut, H. Depri Pontoh terkait aksi perubahan yang dilaksanakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), H. Sarbin Sehe dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tahun 2023.

Diketahui, Kepala Kanwil mengangkat judul “Standarisasi Biaya Lokal Penyelenggaraan Ibadah Haji Melalui Peraturan Daerah”.

“ini dimaksudkan agar biaya lokal untuk pelaksanaan ibadah haji dapat diatur dalam Perda”, ungkap Idrus dihadapan Bupati.

Idrus menjelaskan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) menjadi bagian penting dalam mesukseskan program ini. Dukungan setiap pimpinan daerah, baik Bupati juga ketua DPRD memiliki nilai lebih dalam suksesnya rancangan ini, bahkan efek baiknya akan menjamur hingga ke tingkat Kabupaten/Kota dalam hal pelayanan keummatan.

Dengan dimasukkannya program ini dalam peraturan daerah, maka ada kejelasan terhadap biaya lokal jamaah hati setiap tahun penyelenggaraannya, dan nantinya akan bersifat continue, atau terus menerus dilakukan.

Aksi perubahan ini ditanggapi baik oleh Bupati Bolmut, bahkan turut memberikan dukungan agar proyek ini berjalan dengan baik, dan berharap nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk melaksanakan kegiatan ini berdasarkan perda yang ada.

“kalau sudah diperdakan, berarti kita pemda tinggal menyesuaikan nantinya”, tanggap Depri.

Depri mengatakan, proyek perubahan ini sebagai manifestasi Pemda untuk membantu biaya lokal yang diperlukan bagi jamaah haji. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -