Berita

Pelatihan Manajemen Kemasjidan Adalah Langkah Penting Untuk Perbaikan Tata Kelola Masjid

Senin, 4 Maret 2024 14:27 WIB
  • Share this on:

Kaidipang – Dalam upaya untuk meningkatkan standar pengelolaan masjid di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kepala Kantor Kementerian Agama Idrus Sante, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Kemasjidan Angakatan II bagi pengurus Badan Takmirul Masjid (BTM).

Pelatihan ini digelar oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado dalam kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK), dipusatkan di gedung Madrasah Aliyah Kaidipang, Senin (34/3/24). Diikuti sebanyak 30 peserta, terdiri dari 2 orang utusan setiap pengurus BTM.

Kakan mengatakan, pelatihan ini merupakan langkah penting dalam melalukan perbaikan tatakelola kemasjidan, serta meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan di wilayah tersebut. Pelatihan manajemen kemasjidan ini menurutnya adalah langkah konkret dalam mewujudkan pengelolaan masjid yang baik dan efisien.  

Dengan memberdayakan pengurus masjid dengan pengetahuan dan keterampilan manajemen yang diperlukan, diharapkan masjid dapat menjadi lebih efektif dalam menyediakan layanan kepada jemaah serta lebih terbuka terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Kakan Idrus meminta para peserta untuk mengikuti jalannya pelatihan ini secara maksimal, agar pengetahuan baru ini dapat diserap dengan baik, dan nantinya menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh untuk meningkatkan kualitas pengelolaan masjid di lingkungan masing-masing.

Terjadwal kegiatan ini akan dilaksanakan selama 6 hari sejak dibuka, dan akan berkahir pada tanggal 9 Maret 2024. Para peserta ini akan diberi materi bermuatan pengelolaan kemasjidan oleh para Widyaiswara, termasuk Kepala Kantor Kemenag Bolmut pada pertemuan berikutnya.

Pembukaan kegiatan turut dihadiri Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Abdullah Diu. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -