Berita

Narasumber Dialog Kerukunan, Idrus Tekankan Pentingnya Moderasi Beragama

Jumat, 22 Desember 2023 21:03 WIB
  • Share this on:

Pinogaluman – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Idrus Sante menjadi pembicara dalam kegiatan Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bolmut, di aula Kantor Kecamatan Pinogaluman, Jum`at (22/12/23).

Kakan dalam materinya menekankan pentingnya moderasi beragama bagi semua umat. Himbauan kepada seluruh peserta agar memahami dengan baik makna Moderasi Beragama. Menurutnya, Moderasi Beragama bertujuan untuk mendukung terciptanya kondisi yang saling menghargai dan menghormati di tengah-tengah masyarakat.

”Memahami agama janganlah terlalu ektrim, jangan sampai dengan pemahaman yang ada kita terlibat dalam menyalahkan kelompok lain. Mari seimbangkan pemahaman keagamaan kita dengan baik.” Ujarnya.

Komitmen bersama dalam moderasi beragama hendaknya menjaga keseimbangan yang paripurna, dimana setiap warga masyarakat apa pun suku, etnis, budaya, agama, dan bahkan pilihan politik harus mau saling mendengarkan. Lebih lanjut dalam penguatan moderasi beragama lanjutnya, hendaknya juga menyentuh masalah politik.

“dalam pertarungan politik dimana kita sebagai pemilih yang terlibat dalam praktek politik, harus juga menjaga keseimbangan agar terciptanya kedamaian tanpa harus menghadirkan kerusuhan dan perpecahan”, lanjutnya.

Menjadi orang yang moderat adalah hal yang mudah kata orang nomor satu di Kemenag Bolmut ini. Cukup mengutamakan hati dalam bertindak tanpa harus meninggikan emosi dan rasa keakuan dalam diri.

“bertindaklah dengan hati, maka semua akan berjalan dengan baik, aman dan damai sehingga akan saling menerima satu dengan lainnya”, kunci Idrus dalam closing statemennya. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -