Berita

Lewat Safari Jum`at, Jamaah Turut Berikan Dukungan Proyek Perubahan Kakanwil

Jumat, 8 September 2023 21:50 WIB
  • Share this on:

Sangkub – Melalui program Jum`at (Jumpa Umat) yang digelar di Masjid Al-Mukminin Desa Busisingo, Kecamatan Sangkub, Jum`at (8/9/23), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Idrus Sante menyempatkan diri bersilaturahmi dengan masyarakat setempat.

Dengan metode Safari Jum`at, Kakan memboyong serta jajarannya untuk berjumpa dan bertatap muka dengan masyarakat secara langsung, untuk menyampaikan berbagai program Kemenag yang mungkin kurang tersentuh hingga ke lapisan masyarakat secara umum.

Hadir mendampingi Kepala Kantor pada kegiatan tersebut, diantaranya yakni Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Bolmut Selfy Boki, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkub, Bachtiar Mokoginta berserta jajaran, juga staff seksi Bimbingan Masyarakat Islam selaku koordinator program Jum`at ini.

Dalam kesempatannya usai Sholat berjamaah, Kepala Kantor menyampaikan informasi yang terbilang penting bagi masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, terkait dengan biaya ibadah haji khusunya biaya lokal yang diperlukan dalam penyelenggaran ibadah haji.

Idrus menjelaskan, bahwa biaya yang disetorkan oleh calon jamaah haji melalui Kementerian Agama hanya untuk pembiayaan transportasi dan akomodasi jamaah haji dari Embarkasih Balikpapan menuju Arab Saudi, dan kepulangannya.

Sementara biaya lokal, yang dihitung sejak berangkatnya jamaah dari daerah menuju Provinsi, dan selanjutnya menuju Embarkasih Balikpapan sampai kepulangannya kembali ke daerah, ditanggung oleh masing-masing jamaah. Sehingga dengan sendirinya biaya yang harus dikeluarkan jamaah pun bertambah.

“dan selama ini modelnya begitu, transportasi lokal ditanggung oleh jamaah diluar  biaya haji yang dilunasi”, jelas Idrus.

Idrus melanjutkan, terkait dengan hal itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), H. Sarbin Sehe sedang mengupayakan solusi dari permasalahan ini, dengan menjadikannya ini sebagai fokus Proyek Perubahan yang dilakukannya.

“Alhamdulillah Kakanwil saya sedang mencarikan solusi dan jalan keluarnya agar permasalahan biaya lokal ini tidak akan terus berlanjut seperti itu”, terangnya.

“tapi butuh dukungan dari masyarakat untuk mewujudkan hal ini”, lanjutnya.

Untuk itu, lewat kesempatan kegiatan ini Kakan mengajak jamaah untuk turut memberikan pernyataan dukungan melalui video, yang akan dijadikan sebagai kelengkapan dokumen pendukung untuk mensukseskan niatan ini.

Diakhir sambutan, jamaah memberikan dukungannya melalui video yang dipimpin langsung oleh Kepala KUA dan diikuti Kepala Desa Busisingo beserta seluruh jamaah.

Ditempat berbeda, di Masjid Miftahul Huda desa Tombolangu juga dilakukan kegiatan yang sama, dipimpin oleh Kepala Seksi Bimas Islam, H. Abdullah Diu dengan tim safari terdiri dari Penyuluh Agama Islam. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -