Berita

KUA Sangkub Tawarkan Program Pencegahan Nikah Dini Pada Pemerintah Kecamatan

Kamis, 9 November 2023 21:45 WIB
  • Share this on:

Sangkub – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkub, Bachtiar Mokoginta  menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Pelatihan/Penyuluhan Pencegahan Perkawinan Usia Dini, yang digelar di Aula Balai Desa Sangkub Timur, Kecamatan Sangkub, Kamis (9/11/23). Dibuka secara resmi oleh Camat Sangkub Harto Hasan, didampingi Kepala Desa Sangkub Timur.

Kegiatan yang diprakarsai desa Sangkub Timur ini, juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Dinas BKKBN Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Bachtiar memberikan penjelasan terkait pencegahan perkawinan usia dini dalam prespektif hukum Islam, yang lebih menekankan pada aspek manfaat dan mudharatnya. Dirinya menilai, bahwa praktek pernikahan dibawah usia ini lebih memberikan dampak  buruk ketimbang manfaat yang dihasilkan.

“salah satu dampak buruk dari pernikahan dibawa usia ini adalah rumah tangga yang tidak harmonis, sehingga berujung pada kasus perceraian. Ini diakibatkan kesiapan diri, pengetahuan, dan mental dari masing-masing pasangan belum betul-betul terbentuk”, jelasnya.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah kasus pernikahan dini ini menurut Bachtiar, adalah dengan melakukan pendewasaan usia nikah. Tujuannya untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, serta ekonomi.

Selain itu, menurut Kepala KUA termuda di Kabupaten Bolmut ini perlunya mitigasi yang dilakukan oleh pemerintah desa guna menghambat laju kasus pernikahan dibawah usia.

“Contoh program yang adakan misalnya, koordinasi lintas sektor dengan berbagai pihak terkait, mengadakan bimbingan remaja usia sekolah, bimbingan remaja usia nikah di wilayah kecamatan dan desa se-kecamatan sangkub”, terangnya.

Selaku Pembina keagamaan di wilayah kecamatan, dirinya mengaku siap bergandengtangan dengan pemerintah setempat, dalam mensukseskan program pencegahan pernikahan dibawah umur di kecamatan Sangkub. (Val)

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Bachtiar Mokoginta
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -