Berita

Kepala KUA Bintauna Sosialisasikan Manajemen Kemasjidan Di Desa Kuhanga

Jumat, 1 Desember 2023 21:19 WIB
  • Share this on:

Bintauna - Kepala KUA Kecamatan Bintauna, Budiarjo Tumbol melaksanakan sosialisasi tentang Manajemen Pengelolaan Masjid melalui kegiatan Safari Jumat/Jumat Keliling, Jum`at (1/12/23) di Masjid An-Nur Desa Kuhanga.

Sosialisasi ini dilakukan guna memberikan pencerahan kepada Jama’ah Masjid dan kepada umat Islam pada umumnya tentang pentingnya memakmurkan masjid, pengelolaan masjid dengan baik untuk melayani umat,  serta mendorong Badan Takmir Masjid (BTM) untuk memperdayakan  masyarakat dan jamaah yang berada di sekitar masjid dalam peningkatan manajemen kemasjidan, termasuk mendorong BTM dalam mengelola keuangan masjid yang pemanfaatannya kembali kepada Jamaah.

“Setidaknya ada 3 bidang pembinaan yang harus dilaksanakan, yakni Bidang Idarah atau manajemen masjid, bidang Imarah yaitu memakmurkan masjid, dan Bidang Riayah atau pemeliharaan masjid”, terang Kepala KUA.

Pembinaan bidang Idarah lanjut Budi, sangat diperlukan dalam pengelolaan dan manajemen masjid dilihat dari luas cakupan fungsinya. Sehingganya untuk mengimbangi itu diperlukan pengelolaan manajemen yang modern dan profesional.

“perlunya manajemen masjid yang profesional agar dapat meningkatkan kualitas pengorganisasian kepengurusan masjid dan pengadministrasian yang rapi serta transparan dalam pengelolaan keuangan. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh jamaah atau umat Islam yang ada di Desa Kuhanga Khususnya”, lanjutnya.

Kemudian dalam bidang Imarah jelasnya, bahwa upaya memakmurkan masjid menjadi keharusan bagi umat Islam. Hal ini termaktub dalam Firman Allah surat At-Taubah ayat 18; “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat,dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Sedangkan bidang Riayah, Kepala KUA berdarah Mongondow ini mengatakan dengan penerapan Riayah dalam pengelolaan masjid, agar masjid akan menjadi bersih, indah dan tampak kemuliaannya.

“Sehingga dapat memberikan daya tarik bagi umat islam, membuat rasa nyaman, aman dan tentram bagi jamaah,” ungkapnya dihadapan 100 lebih Jamaah.

Sementara itu, Sangadi Kuhanga Dapral Patamani dalam sambutannya mengapreseasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepala KUA Kecamatan Bintauna tersebut. menurutnya apa yang telah dilaksanakan selama ini sangat baik, khususnya memberikan kontribusi terhadap keberadaan masjid yang ada di Desa Kuhanga.

Dirinya berharap melalui sosialisasi ini, pengurus BTM dapat menata manajemen masjid lebih baik lagi dengan berpedoman pada mekanisme dan manajemen pengelolaan masjid.

“Mudah-mudahan melalui sosialisasi ini jamaah pada umumnya dan pengurus BTM khususnya bisa dapat wawasan tentang Pengelolaan Masjid yang lebih baik”, tutupnya.

-----------

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Budiarjo Tumbol

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -