Berita

Kemenag Bolmut Dorong Kantin Madrasah Tersertifikasi Halal

Selasa, 11 Juli 2023 15:24 WIB
  • Share this on:

Bolmut – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus melakukan upaya percepatan implementasi sertifikasi halal bagi produk olahan makanana dan minuman di Kabupaten Bolmut.

Setelah mensosialisasikan program sertifikasi halal ini kepada pelaku Usaha Micro dan Kecil (UMK), melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kemenag Bolmut kembali menyusuri lingkungan madrasah dengan mendorong seluruh kantin yang ada di madrasah menyertifikasi halal produknya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penguatan rantai ekosistem halal serta implementasi intruksi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, yang diterbitkan dalam Instruksi No 1 Tahun 2023 tentang Sertifikasi Halal Produk dan Kantin di Lingkungan Satuan Kerja Kementerian Agama. Instruksi yang terbit sejak 8 Februari 2023 itu dalam rangka percepatan implementasi sertifikasi halal produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama.

“kami sudah layangkan surat edaran keseluruh madrasah di Kabupaten Bolmut terkait hal ini, hingganya diharapkan para kepala madrasah melakukan intruksi lanjutan kepada pemilik kantin untuk mendaftarkan produknya agar dapat disertifikatkan”, pinta Kasie Bimas Islam, Hi. Abdullah Diu pada pembinaan ASN, Senin (10/7/23) di Kantor Kemenag Bolmut yang turut dihadiri Kepala Madrasah dan guru Kemenag se-Bolmut.

Dalam instruksi Menag tersebut, pelaksanaan sertifikat halal tidak hanya diperuntukan bagi kantin madrasah, namun juga bagi pelaku usaha olahan makanan yang menjual produknya di kantin madrasah turut dihimbau untuk ikut mendaftarkan produknya.

Untuk memudahkan pendaftaran, Kasie Bimas menghimbau bagi pelaku usaha dilingkungan madrasah agar dapat menghubungi Pendamping Proses Produk Halal (P3H) yang tertera pada lampiran edaran yang telah dilayangkan.

  

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan
Fotografer:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -