Berita

Isi Jadwal Binrohtal Di RSUD, Penyuluh Agama Angkat Tema : Sehat dan Sakit Sebagai Anugerah dan Berkah

Kamis, 22 Agustus 2024 16:12 WIB
  • Share this on:

Bolangitang Barat (Kemenag) - Dalam upaya memperkuat spiritualitas dan semangat kerja para pegawai, penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama mengisi kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi para pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut.

Kegiatan kali ini mengangkat tema "Sehat dan Sakit Sebagai Anugerah dan Berkah" yang disampaikan oleh Penyuluh terjadwal, yakni Azam Anhar bersama Sela Susilawati Langago, di ruang rapat RSUD, Kamis (22/8/24).

Azam memberikan pengibaratan bahwa seluruh profesi yang ada di rumah sakit merupakan satu bentuk ibadah mulia karena membangun sistem menjaga dan merawat orang yang sakit.

“Hal ini sejalan dengan etika dan nilai Islam yang mengajarkan untuk memberikan kegembiraan bagi sesama dan menguatkan ikatan sosial”, ungkap Azam.

Sehat dan sakit jelas Azam, adalah dua sisi dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya merupakan anugerah dan berkah dari Tuhan.

“Ketika sehat, kita diberi kesempatan untuk berbuat kebaikan dan berkontribusi bagi sesama. Ketika sakit, kita diajarkan untuk sabar, tawakal, dan mendekatkan diri kepada-Nya," ujarnya.

Pria berdarah jawa ini juga menekankan bahwa dalam dunia kesehatan, para pegawai rumah sakit memiliki peran penting sebagai perpanjangan tangan Tuhan dalam merawat dan menyembuhkan pasien. Oleh karena itu, memiliki ketenangan batin dan keyakinan spiritual sangatlah penting dalam menjalankan tugas sehari-hari.

"Kesehatan fisik dan mental kita harus selalu dijaga, namun kesehatan spiritual juga tidak boleh diabaikan. Melalui kegiatan Binrohtal ini, kita diajak untuk merenungkan bahwa pekerjaan kita di rumah sakit adalah bentuk ibadah yang harus dilandasi dengan niat yang tulus dan ikhlas," tambahnya.

Usai mengisi pembinaan, Azam bersama penyuluh lainnya menyempatkan mengunjungi setiap pasien untuk memberikan dukungan dan doa agar segera diberikan kesembuhan serta kekuatan menerima cobaan dari Allah SWT. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -