Berita

Idrus Kagumi Nuansa Digital Di Acara Devotion Experience (Dev-X) Kemenag

Sabtu, 6 Januari 2024 06:22 WIB
  • Share this on:

Bolmut - Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama  RI yang ke-78, digelar acara Devotion Experience (Dev-X) Kemenag, yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, 5 s.d. 7 Januari 2024. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka ulang tahun Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas "Gus Men" yang ke-49.

Kegiatan spektakuler ini terinformasi adalah pertama kalinya digelar oleh Kemenag, dikemas dengan nuansa pop culture dan serba digital sebagai upaya mendekatkan anak muda dengan dunia religi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Idrus Sante dan pejabat administrator Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara (Sulut), hadir membersamai Kepala Kanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe pada kegiatan tersebut, yang dibuka secara resmi oleh Gus Men pada Jum'at (5/1/24).

Ia  menginformasikan, bahwa dalam arena acara di JCC itu, diadakan booth-booth oleh panitia untuk menampilkan capaian-capaian program prioritas yang dikemas dalam bentuk digital.

"Memang dalam acara ini nuansa digitalnya begitu kental, disetiap sudut mata memandang kami disuguhkan dengan kegiatan yang dikemas dalam bentuk digital", ungkap Idrus kepada tim humas, Sabtu (6/1/24) via WhatsApp.

Hal ini dilakukan merupakan ikhtiar Kementerian Agama untuk mendekatkan isu-isu keagamaan kepada anak muda. Sehingga kemasannya dibuat agar lebih menarik bagi mereka, dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 yang diperuntukan bagi generasi muda saat ini.

Sejumlah kegiatan dihelat selama Dev-X, seperti nikah massal, talkshow seputar zakat dan wakaf, haji, dan sertifikasi halal. Ada juga demo dan bincang-bincang terkait kitab suci dengan huruf braille atau bahasa isyarat. 

Di arena itu juga pengunjung dapat mencoba, misalnya, wisata religi dengan menggunakan virtual reality (VR) hingga menyaksikan launching huruf pegon digital. Kalau punya masalah yang terkait dengan keagamaan, juga bisa temukan solusinya di Dev-X. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -