Berita

Hadiri Rapat Evaluasi Anggaran Dan Kinerja, Kakan Idrus Beberkan Kegiatan Inovasi Dan Non DIPA

Rabu, 14 Agustus 2024 17:34 WIB
  • Share this on:

Bolmut (Kemenag) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Idrus Sante mempresentasikan capaian realisasi anggaran dan kinerja semester I tahun 2024, dalam rapat evaluasi yang digelar oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di Hotel Aston Manado, Rabu (14/8/24).

Dihadapan Kakanwil, H. Sarbin Sehe beserta Kepala Kantor se-Kabupaten/Kota, Idrus menyampaikan bahwa hingga bulan Agustus ini, Kemenag Bolmut telah berhasil merealisasikan anggaran sebesar 74,21?ri total anggaran yang telah dialokasikan sebesar Rp. 17.875.420.000, yang terbagi di beberapa Satuan Kerja (Satker) di dalamnya.

Selain itu, dilaporkan juga realisasi capaian kinerja Kantor Kemenag Bolmut sebesar 110,54% (Sangat Baik) berdasarkan Aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA).

Tidak hanya melaporkan anggaran dan kinerja, Idrus juga membeberkan sederet inovasi program dan kegiatan non DIPA yang telah dilakukan oleh Kemenag Bolmut, diantaranya : Inovasi buku tamu berbasis digital, dan majalah digital yang dikelola oleh Subbag TU.

Kegiatan bimbingan keluarga dan layanan pusaka sakinah yang dilaksanankan pada Majelis-majelis Taklim dan pegawai instnasi Pemerintah, kegiatan Jum`at (Jumpa Umat) yang dikemas dalam kegiatan Safari Jum`at dalam rangka sosialisasi dan pembimbingan persoalan keagamaan, sosialisasi pencegahan pernikahan dini, serta percepatan sertifikasi halal yang dilaksanakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat Islam.

Pada Seksi Pendidikan Islam, dilaksanakan kegiatan KSM, penguatan lembaga pendidikan KKG MI, Penerbitan Ijin Operasional TPG dan Verval Ijin Operasional Pondok Pesantren, serta program hafalan Juz 30 bagi peserta didik disemua tingkatan.

Sementara pada Penyelenggara Kristen, program tambahan yang dilaksanakan, yakni sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan pernikahan dini dan pencegahan stunting, pembentukan MGMP SMA/SMK, serta kegiatan baksi sosial yang dilaksanakan pada momen-momen tertentu. Serta pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, dilaksanakan manasik haji sepanjang tahun.

Rapat evaluasi ini juga dihadiri oleh para Kepala Subbag TU bersama PIC SIPKA pada Kabupaten/Kota se-Sulut, serta para Kepala Madrasah Negeri. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -