Berita

Hadiri Rakernas BKM 2023, Ini Tanggapan Kakan Idrus

Kamis, 9 November 2023 08:02 WIB
  • Share this on:

Bolmut – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Idrus Sante menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kemakmuran Masjid (BKM) tahun 2023.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (8/11/23). Dan terjadwal akan digelar hingga Jum`at (10/11/23) dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Diketahui, Badan Kesejahteraan Masjid adalah wadah yang berdiri sejak 1964 dengan singkatan Bakemas. Mulai 1970, Bakemas berubah menjadi BKM dengan kapanjangan sama, yaitu Badan Kesejahteraan Masjid. Organisasi ini sempat vakum dalam waktu yang cukup lama dan kini mulai diaktifkan kembali.

Ide mengaktifkan kembali BKM ini lahir dari buah pemikiran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang direspon baik oleh Presiden Jokowi. Presiden menilai potensi manfaat BKM sangat besar, termasuk sebagai pemersatu dan pusat kemajuan bangsa.

Senada dengan itu, Kakan Kemenag Bolmut menyambut baik aktifnya kembali organisasi ini. Mengutip pernyataan Presiden, Kakan Idrus berharap melalui peran BKM rumah-rumah Ibadah dapat dikelola secara profesional, moderat dan berdaya maslahat bagi umat. Sehingga, masjid dapat menjadi pusat pembinaan umat, menjadi pusat kemajuan bangsa dan masjid yang ramah bagi semuanya.

“Pak Presiden ingin rumah ibadah menjadi tempat yang khidmat untuk beribadah, mempersatukan keberagaman kita, edukatif dan mendidik untuk pembelajaran karakter kita,” kata Idrus kepada tim Humas melalui pesan WhatsApp, Kamis (9/11/23).

Selaku Pembina keagamaan di Kabupaten Bolmut, Idrus mengatakan akan membangun komunikasi, bersinergi,  dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah  untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi dan ekstremisme serta dari politisasi yang memecah belah, yang tidak mempersatukan kita, yang tidak menjadikan kita rukun. Sehingga, kesatuan dan persatuan bangsa dapat terus dijaga.

“kami akan bekerja sesuai arahan Presiden untuk menjaga kedamaian dan kerukunan di bumi Bolaang Mongondow Utara”, tutupnya. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -