Berita

Guru Agama Kristen Harus Tanamkan Nilai Kerukunan Dan Moderasi Beragam Bagi Peserta Didik

Rabu, 7 Agustus 2024 15:28 WIB
  • Share this on:

Bolmut (Kemenag) - Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) diharapkan dapat menjadi teladan dalam moderasi beragama bagi para siswa. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Kristen Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Aneke Purukan pada pembinaan guru PAK tingkat dasar dan menengah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rabu (7/8/24).

Aneke menekankan pentingnya peran guru agama dalam membentuk karakter siswa yang toleran, terbuka, dan menghargai keberagaman. Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki tanggung jawab besar untuk tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moderasi beragama.

“tanamkan nilai kerukunan bagi anak didik kita, bukan saja antar agama, tapi juga antar denominasi gereja”, ujarnya pada pembinaan di Kantor Kemenag Bolmut.

Ia mengatakan, bahwa moderasi beragama adalah kunci dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Menurutnya, guru harus mampu menjadi contoh nyata dalam bersikap moderat, serta mengajarkan cara-cara berkomunikasi yang baik dengan mereka yang berbeda keyakinan.

Terlebih katanya, Provinsi Sulut adalah barometer dalam moderasi beragama bagi daerah lain. “Sulut dikenal dengan daerah yang hidup rukun dan damai”, Pungkasnya.

Aneke meminta kepada semua guru PAK untuk membantu Kepala Kantor Kemenag dalam mensukseskan setiap program Kemenag, utamanya dalam penguatan moderasi beragama yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama.

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Kemenag, Idrus Sante. Bahwa peran serta guru menjadi penting dalam melahirkan generasi yang moderat. melalui pendidikan yang baik, dapat menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan damai.

Ia mengucapkan terima kasih atas pembinaan oleh Kabid, untuk lebih menguatkan peran guru PAK dalam memberikan pemahaman yang moderat bagi peserta didik, dan menjadi terdepan dalam pelaku moderasi beragama di lingkungan sekolah.

Kegiatan pembinaan ini turut dihadiri Penyelenggara Kristen, Soesy E.  Denny bersama jajaran bidang Pendidikan Agama Kristen Kanwil Kemenag Sulut. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -