Berita

Buka Dialog Pengembangan KMB, Idrus Ajak Masyarakat Menjunjung Nilai-Nilai Beragama

Kamis, 29 Pebruari 2024 15:40 WIB
  • Share this on:

Bolangitang Timur – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Idrus Sante, menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan dialog Pengembangan Kampung Moderasi Beragama (KMB) yang dipusatkan di aula Kantor Desa Binjeita 2, Kecamatan Bolangitang Timur, Kamis (29/2/24).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut penetapan KMB yang dicanangkan pada agustus 2023 lalu. KMB sendiri adalah program Kementerian Agama berskala nasional, untuk membentuk sebuah kampung dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kelurahan.

Idrus mengatakan, kampung moderasi bergama  pada dasarnya sebagai penguat nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal dalam mengimplementasikan cara beragama yang mengangkat martabat kemanusiaan.

Moderasi beragama menurutnya bukan berarti agama dimoderasikan, tapi para pemeluk agama diharapkan mampu menonjolkan sisi-sisi positif pengamalan ajarannya, melalui sikap kemanusiaan dan menghormati perbedaan. Dengan demikian, dipastikan bangsa Indonesia akan menjadi kuat, utuh dan kembali kepada nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pendiri bangsa.

“jadilah masyarakat yang menjunjung nilai-nilai beragama, memandang perbedaan sebagai rahmat dari Tuhan”, pintanya.

Melalui pengembangan KMB ini, diharapkan menguatnya nilai-nilai toleransi bagi masyarakat Bolaang Mongondow Utara, sehingga pemahaman tentang keragaman dan perbedaan yang ada menjadi satu wujud pembenaran terhadap semua keyakinan yang dianut oleh setiap insan yang beragama, tidak saling menyalahkan dalam syariat dan keyakinan masing-masing.

“kebenaran yang hakiki adalah milik Tuhan, jangan menyalahkan satu agama untuk membenarkan agama yang lain”, tegasnya. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -