Berita

BPJPH Terbitkan 272 Sertifikat Halal Bagi Pelaku Usaha Di Kabupaten Bolmut

Selasa, 31 Oktober 2023 15:41 WIB
  • Share this on:

Boroko – Sebanyak 41 Sertifikat Halal kembali diserahkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kepada pelaku usaha di Kabupaten Bolmut. Penyerahan secara simbolis dilakukan Kepala Kantor, Idrus Sante di ruang pertemuan kantor setempat, Selasa (31/10/23).

Sertifikat halal ini diberikan Kemenag melalui Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH), sebagai upaya pemerintah dalam memberikan kepastian hukum dan jaminan halal terhadap produk olahan khususnya makanan dan minuman pagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Sejak digalakkan pada Maret 2023 yang didahului dengan kegiatan mandatory halal, program Sehati ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap jumlah pengajuan sertifikasi halal di Kabupaten Bolmut. Tercatat hingga saat ini, sebanyak 272 sertifikat halal telah terbit dari sejumlah 469 pelaku usaha yang sudah mendaftar.

“Alhamdulillah hari ini Kemenag Bolmut kembali menyerahkan 41 Sertifikat Halal kepada pelaku usaha”, ucap Idrus

Hal ini menjadi keunggulan sendiri bagi Kemenag Bolmut, sebab jumlah tersebut masih menempatkannya pada peringkat pertama pengajuan sertifikat halal se-Sulawesi Utara.

Kakan Idrus mengucapan terima kasih atas kerjasama para pelaku usaha di semua wilayah kecamatan, yang turut mengindahkan instruksi ini dengan mendaftarkan usahanya untuk diterbitkan sertifikat halal. Upaya ini tentunya tidak lain berkat komunikasi dan sosialisasi yang baik antar para Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) dengan pelaku usaha.

Dirinya meminta sosialisasi ini terus dilakukan agar target sertifikasi halal bagi seluruh pelaku usaha di kabupaten Bolmut bisa terpenuhi, sebab tahun 2024 nanti pelaku usaha wajib bersertifikat halal. 

Penyerahan sertifikat halal ini disaksikan oleh Kepala Subbag Tata Usaha Wahum Panigoro, Kasie Bimas Islam H. Abdullah Diu, para PPPH dan staf Seksi Bimas Islam. (Val)

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -