Berita

Bimas Islam Lakukan Supervisi Nikah Dan Rujuk Untuk Perbaikan Manajemen Administrasi

Kamis, 22 Pebruari 2024 10:43 WIB
  • Share this on:

Bolmut - Perbaikan manajemen tata kelola pemerintahan terus dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Hal ini tentunya sebagai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, utamanya dalam proses pembangunan Zona Integritas (ZI) sebagai wujud nyata dari Reformasi Birokrasi Pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien.

Langkah ini dilakukan oleh Kemenag Bolmut pada unit kerja Kantor Urusan Agama (KUA) melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam, dengan melakukan supervisi layanan nikah dan rujuk. Salah satu yang disambangi pada Rabu (21/2/24) yakni KUA Kecamatan Bintauna.

Menurut Kepala Seksi H. Abdullah Diu, supervisi yang dilakukan meliputi pelayanan nikah dan rujuk, pengelolaan administrasi dan tata persuratan. Dari hasil supervise yang dilakukan, ia menilai pengelolaan layanan pada KUA yang dikepalai oleh Budiardji Tumbol sudah berjalan baik, meski menurutnya masih perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut utamanya dalam keamanan berkas negara.

Monitoring supervise ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh seksi Bimas Islam, tujuannya tidak lain untuk memperbaiki kualitas layanan dan tugas pokok KUA yang salah satunya adalah layanan nikah dan rujuk.

“ini bukannya hanya sekedar memperbaiki layanan kepada masyarakat, tapi juga meningkatkan tatakelola administrasi perkantoran agar teradministrasi dengan baik”, ungkapnya.

Dalam monitoring ini, Kasie Bimas juga telah menerapkan metode survey layanan KUA oleh masyarakat. Penerima layanan akan diarahkan mengisi kuisioner survey kepuasan layanan melalui google form dengan menscan barcode yang disediakan dimeja layanan.

Cara ini dilakukan kata Abdullah untuk melihat tingkat kepuasan penerima layanan, sebagai langkah evaluasi kinerja dan layanan, serta perbaikan manajemen menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang tengah dibangun oleh Kementerian Agama Bolmut. (Val)

 

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -