Berita

Bimas Islam Lakukan Supervisi Layanan Nikah-Rujuk di KUA

Rabu, 6 September 2023 20:40 WIB
  • Share this on:

Bolmut - Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan  supervisi layanan administrasi nikah/rujuk di beberapa Kantor Urusan Agama (KUA).

Supervisi ini adalah kegiatan yang wajib dilakukan sebagai monitoring/pemantauan pelaksanaan tugas kepenghuluan, juga untuk mengecek kelengkapan persyaratan peristiwa nikah yang menyangkut administrasi.

"Ini dilakukan agar tugas penghulu tetap terkontrol, terutama berkenaan dengan syarat dan rukun pernikahan serta kelengkapan adminstrasi yang harus dipenuhi dalam peristiwa nikah", jelas Kasie Bimas Islam, H. Abdullah Diu kepada tim humas, Rabu (6/9/23).

Diantara kelengkapan administrasi pernikahan yang diperiksa oleh tim Bimas Islam, yakni berupa Akta Nikah, Model NB, dan Kitir Nikah N-1 s/d N-7.

"Dari sejumlah administrasi yang diperiksa ditemukan beberapa dokumen yang tidak lengkap", ungkap Abdullah.

Namun pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap Kepala KUA dan jajarannya, untuk segera melakukan penyempurnaan sebelum dilakukan pemeriksaan kembali pada monitoring selanjutnya.

Monitoring ini akan dilakukan disemua KUA Kecamatan secara bergiliran. Dan hingga saat ini baru dua KUA yang dikunjungi, yaitu Kecamatan Pinogaluman dan Bolangitang Barat. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -