Berita

Bimas Islam Kalibrasi Kembali Masjid Nurul Iman Desa Inomunga

Kamis, 21 September 2023 14:29 WIB
  • Share this on:

Kaidipang – Tim pengukur arah kiblat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali melakukan tugas lapangan dalam pelayanan verifikasi arah kiblat yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Abdullah Diu.

Dalam keterangannya, Kamis (21/9/23) Abdullah menjelaskan, kegiatan pengukuran arah kiblat ini dilakukan di Masjid  Nurul Iman Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang, dan dipandu oleh pelaksana kalibrasi Indah  Maryam bersama staf seksi Bimas Islam.

“Alhamdulillah kalibrasi arah kiblat berlangsung lancar didukung dengan cuaca yang cerah”, jelasnya.

Abdullah mengatakan, dari hasil pengukuran yang dilakukan terdapat pergeseran dari arah kiblat sesungguhnya, dengan perbedaan derajat yang tidak terlalu jauh. Meski begitu, Abdullah meminta agar posisi saff sholat harus tetap mengikuti arah kiblat yang sudah diukur dengan metode yang menjadi syarat penatapannya.  

“terdapat perbedaan sekitar 5 derajat dari arah sesungguhnya, sudah kami tetapkan berdasarkan hasil kalibrasi dan telah diterima oleh pemerintah setempat”.

Dirinya menuturkan, dari keterangan Kepala Desa setempat bahwa Masjid ini telah berdiri sejak  wilayah ini secara administratif masih masuk dalam kawasan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow. Pengukurannya sudah menggunakan alat, sehingga pergeserannya tidak berbeda jauh. 

Kepala Desa setempat bersama Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kaidipang Kasmat didampingi Penyuluh Agama Islam, Hj. Mei Kosegeran turut hadir menyaksikan pengukuran arah kiblat tersebut. (Val)

Humas

Editor:
Rival Intan
Penulis:
Rival Intan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -