Berita

Beri Penyuluhan, Johar : 5 Kriteria Memilih Pemimpin

Senin, 5 Pebruari 2024 21:23 WIB
  • Share this on:

Sangkub - Penyuluh Agama Kristen, Johar Putra memberikan penyuluhan kepada jamaat Gereja GPdI Alpa Omega Sidodadi kecamatan Sangkub, dalam kegiatan minggu menyapa yang merupakan salah satu program andalan Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Penyelenggara Kristen, tentang kriteria dalam memilih calon pemimpin.

ia menjelaskan pemimpin adalah individu yang memiliki peran penting dalam setiap komunitas, termasuk dalam Gereja. Kualitas karakter pemimpin sangat menentukan pengaruhnya dalam masyarakat. 

"Firman Tuhan memberikan pedoman yang jelas tentang karakter yang harus dimiliki oleh pemimpin. Tentunya dalam menghadapi pemilu kita akan memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan, sebagai orang percaya tentunya kita tidak asal memilih ada hal yang harus kita perhatikan" tutur Johar.

Pria berdarah suku Toraja ini mengurai 5 kriteria dalam memilih pemimpin,  yaitu:

Pertama, dilihat dari kualitas utama pemimpin. Seorang pemimpin harus menghendaki pekerjaan yang baik dan menunjukkan tekad untuk memimpin dengan integritas.

Kedua, tidak bercela. Pemimpin harus hidup dalam integritas, menjauhi perilaku yang mencemarkan nama baiknya dan masyarakat.

Ketiga, kemampuan dalam menguasai diri. Sejatinya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menguasai diri, salah satunya mampu mengendalikan diri dalam situasi apapun. Penguasaan diri adalah karakteristik penting dalam kepemimpinan, pemimpin yang mampu mengendalikan emosi dan nafsu pribadinya lebih efektif dalam melayani orang lain.

Keempat jelas Johar, adalah bijaksana dan tahu malu. Pemimpin harus bijaksana dalam mengambil keputusan dan juga memiliki rasa tahu malu yang memungkinkan mereka belajar dari kesalahan.

Dan kelima sebutnya, yakni sopan dan ramah. Pemimpin yang sopan dan ramah menciptakan lingkungan yang terbuka dan mendukung, yang mendorong pertumbuhan rohani dan kesejahteraan bersama.

Diakhir penyuluhan, Penyuluh jebolan PPPK tahun 2022 ini mengajak umat untuk kristiani sebagai warga Gereja selalu memohon bimbingan dari  Tuhan untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan standar-Nya. Pemimpin yang berkarakter akan memberkati dan memimpin dengan teladan bagi komunitas Kristen dan dunia di sekitarnya. 

Selamat menyongsong pesta demokrasi, Tuhan memberkati. 

Humas

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Johar Putra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -