Berita

2 Desa Di Kecamatan Bolangitang Timur Jadi Contoh Kampung Moderasi Beragama

Rabu, 5 Juli 2023 17:03 WIB
  • Share this on:

Bolangitang Timur - Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar sosialisasi Kampung Moderasi Beragama (KMB)  bertempat di Balai Desa Binjeita 1, Rabu (5/7/23). Giat kali ini mengundang Camat Bolangitang Timur, Kepala Desa Binjeita 1 dan Binjeita 2 beserta perangkatnya, pengurus Kelompok Kerja (Pokja) KMB, Danramil Bolangitang, Bhabinsa, serta perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama, baik Islam dan Kristiani.

Kasi Bimas Islam, Hi. Abdullah Diu sekaligus ketua Pokja menyempaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dalam pembentukan kampung moderasi beragama.

“ini adalah program baru oleh Kementerian Agama, ditahun 2023 ini ditargetkan 1000 desa se-Indonesia akan terjangkau dengan sosialisasi ini”, tuturnya.

Di Kabupaten Bolmut sendiri, Pokja KMB memfokuskan pada dua desa yang menjadi sasaran dibentuknya Kampung Moderas Beragama, yakni Desa Binjeita 1 dan Binjeita 2.

Pemerintah memiliki banyak program yang memiliki tujuan yang sama yakni membawa Bangsa Indonesia menjadi lebih baik, harmoni dalam kerukunan beragama.

“sebelumnya ada namanya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang bergerak pada kehidupan kerukunan dalam beragama”, tambahnya.

Program semacam ini lanjutnya perlu dilakukan, mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, baik suku, etnis, budaya, dan agama. Sehingganya pemerintah melalui Kementerian Agama hadir untuk memelihara kerukunan dengan jalur pembinaan keagamaan.

“maka muncullah apa yang disebtu dengan istilah yakni moderasi beragama”, lanjutnya.

Narasumber kali ini, menghadirkan pendeta Deki Polii dan Dr. Hi. Amsari Alip, yang akan menyampaikan pandangan moderasi beragama dari kacamatan Agama Islam, dan Kristen. 

Humas

 

Editor:
Rival Intan
Kontributor:
Indah Isma
Penulis:
Rival Intan
Fotografer:
Indah Isma

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -